BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 10 Oktober 2010

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Ditulis oleh kasmadi


1. Pengertian Akuntansi

Pernahkah anda memanfaatkan catatan keuangan? Seringkali kita melihat orang atau pedagang atau orang yang membuka usaha mempunyai catatan sederhana soal keuangannya. Mengapa demikian? So, jadi apa dong pengertian akuntansi?

Ya, anda benar sekali. Akuntansi mempunyai pengertian proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukan penilalan serta pengambilan keputusari secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.

Jadi, akuntansi sebagai ilmu sangat berguna sekali bagi perkembangan sistem kuangan sebuah perusahaan atau organisasi. Oleh karenanya sangatlah tepat akuntansi dipelajari untuk siswa setingkat sekolah menengah atas. Selain sebagi ilmu, akuntansi merupakan ilmu terapan yang dapat dipakai sebagai sebuah keahlian yang bermanfaat untuk bersaing di dunia kerja. Nah, diharapkan siswa bias serius untuk mempelajari ilmu yang satu ini. Ok , coy….!!!
1. Kegunaan Akuntansi

Sangat banyak pihak-pihak yang memerlukan informasi terhadap laporan keuangan sebuah perusahaan. Nah, perlu anda ketahui pihak-pihak tersebut terbagi atas pihak internal dan pihak eksternal. Siapa saja mereka?

1. Pihak Intern artinya pihak yang melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian organisasi seperti dewan direksi, manajer pemasaran, kepala bagian produksi.

1. Pihak eksternal yakni pihak-pihak yang berada diluar perusahaan/lembaga, akan tetapi mereka membutuhkan informasi keuangan perusahaan tersebut, antara lain : investor, calon investor, kreditor, calon kreditor, pemerintah, karyawan (pelanggan/masyarakat)

1. Kualitas Informasi Akuntansi
Syarat-syarat informasi akuntansi yang berkualitas adalah sebagai berikut :

1. Perbandingan antara manfaat dan biaya
2. Dapat dimengerti
3. Relevan
4. Dapat dipercaya :
a. Dapat diuji
b. Netral
c. Menyajikan yang seharusnya
5. Nilai prediksi :
a. Feedback
b. Tepat waktu
c. Dapat dibandingkan atau konsisten
d. Materiality




1. Konsep dan Prinsip Dasar Akuntansi

a. Asas Kesatuan Usaha, perusahaan harus dipandang sebagai satu kesatuan usaha yang terpisah dari pemiliknya dan juga perusahaan-perusahaan lainnya.

b. Periode akuntansi, bahwa satiap pelaporan keuangan perusahaan haruslah terikat pada periode waktu yang ditentukan.

c. Asas Kesinambungan, suatu pelaporan keuangan perusahaan diasumsikan selalu berkesinambungan kecuali perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut atau dibubarkan.

d. Harga Perolehan, yakni harga yang harus dibayar atau ditukarkan saat terjadinya transaksi dengan didukung bukti-bukti transaksi.

e. Pengukuran dalam nilai uang, yakni setiap laporan keuangan harus dapat diukur dengan nilai uang yang berlaku agar dapat ditafsirkan secara universal bagi yang membacanya.

f. Penetapan Beban dan Pendapatan, yakni untuk mengukur keuntungan atau kerugian sebuah perusahaan dikaitkan dengan penetapan pendapatan dan beban, selain aktiva dan kewajiban.




1. Bidang-Bidang Akuntansi

a. Akuntansi Pemerintahan, yakni bidang akuntansi yang melakukan pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi dalam politik, Negara maupun di daerah.

b. Akuntansi Biaya, yakni bidang akuntansi yang menekankan pada penetapan atas biaya pembuatan barang produksi.

c. Akuntansi Manajemen, yakni bidang akuntansi yang mempergunakan data histories maupun data taksiran untuk membantu manajemen perusahaan dalam menyusun perencanaan.

d. Akuntansi Perpajakan, yakni bidang akuntansi yang secara khusus mempersiapkan SPT (surat pemberitahuan Pajak) dan konsekuensi pajak yang mungkin terjadi atas transaksi perusahaan.

e. Akuntansi Keuangan, yakni bidang akuntansi yang secara umum berhubungan dengan proses pencatatan transaksi-transaksi perusahaan.

f. Akuntansi Pemerikasaan, yakni bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara independent.

g. Akuntansi Sosial, yakni bidang akuntansi terbaru yang mempelajari efek social yang terjadi akibat kemajuan dibidang usaha.

h. Sistem Akuntansi, yakni bidang akuntansi yang membahas berbagai disain prosedur pengumpulan data akuntansi yang sesuai kebutuhan perusahaan.

i. Akuntansi Pendidikan, yakni bidang akuntansi yang khusus berkecimpung di bidang pendidikan.


1. Profesi Akuntansi

Sebagai cabang dari ilmu ekonomi terapan, akuntansi melahirkan profesi akuntan, antara lain :
1.
1. Akuntan Publik, yakni akuntan yang bekerja secara bebas untuk mengaudit, menilai dan menganalisa laporan keuangan perusahaan, penyusunan system akuntansi, jasa perpajakan, konsultasi manajemen perusahaan. Perusahaan yang menggunakan jasa akuntansinya tersebut membayar atas pemakaian jasa-jasa akuntan tersebut.

b. Akuntan Pemerintah, yakni akuntan yang bekerja pada perusahaan atau lembaga-lembaga milik pemerintah.

c. Akuntan Perusahaan, yakni akuntan yang bekerja sebagai tenaga ahli keuangan di sebuah perusahaan.

d. Akuntan Pendidik, yakni akuntan yang bekerja sebagai tenaga pengajar di lembaga pendidikan.




1. Etika Profesi Akuntan

Prinsip dasar perilaku etis bagi akuntan, yaitu :
- menghindari pelanggaran etika yang terlihat remeh,
- memusatkan perhatian pada reputasi jangka panjang, dan
- bersiap menghadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis.


1. Ringkasan Materi
a. Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukan penilalan serta pengambilan keputusari secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.

b. Kegunaan akuntansi antara lain untuk pihak Intern sebagai bahan informasi untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian organisasi seperti dewan direksi, manajer pemasaran, kepala bagian produksi. Sedangkan untuk pihak ekstern sebagai bahan informasi keuangan perusahaan dalam berinvestasi

c. Kualitas informasi akuntansi harus memenuhi standard sebagai berikut : Perbandingan antara manfaat dan biaya, dapat dimengerti, relevan, dapat dipercaya , ada nilai prediksi,

d. Proses akuntansi melalui proses pencatatan, pengikhtisaran dan siklus laporan keuangan.

e. Prinsip dasar akuntansi harus memenuhi persyaratan : harga perolehan, konsep kesatuan usaha, dapat dinilai dengan uang, berkesinambungan, terdapat periode akuntansi dan penetapan beban-beban.

f. Bidang-bidang akuntansi antara lain; akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntansi pemerintahan, akuntansi keuangan, akuntansi perpajakan dan lain-lain.

g. Profesi akuntansi antara lain akuntan public, akuntan pendidik, akuntan perusahaan dan akuntan pemerintah.

Sumber: http://kasmadi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=22:sistem-informasi-akuntansi&catid=29:akuntansi&Itemid=29

0 komentar: